Penerapan Censorship Di Perpustakaan Taman Kanakkanak (Tk) Dan Sekolah Dasar (Sd) Insan Cendekia Madani
Main Author: | Syifa Duhita Dewakanya |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses censorship yang dilakukan serta kendala-kendala pustakawan dalam melakukan proses censorship pada Perpustakaan TK dan SD Insan Cendekia Madani. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan 3 (tiga) informan, observasi, dokumentasi serta kajian pustaka. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan censorship yang dilakukan Perpustakaan TK dan SD Insan Cendekia Madani yakni didasari karena adanya keluhan dan masukan dari orang tua mengenai koleksi buku perpustakaan. Perpustakaan melakukan penyensoran terhadap beberapa buku yang mengandung konten percintaan, sihir, mitos, pahlawan super, cerita rakyat, legenda, komik Jepang (manga) serta konten yang mengandung agama lain selain agama Islam berupa perayaan dan simbol-simbol. Proses censorship pada Perpustakaan TK dan SD Insan Cendekia Madani dilakukan sejak pembelian buku, ketika mendapatkan keluhan ataupun masukan dari orang tua, serta screning ulang pada koleksi yang sudah ada. Sedangkan, kendala yang dihadapi perpustakaan, yakni belum adanya kebijakan tertulis mengenai kebijakan censorship di perpustakaan serta pustakawan kesulitan dalam melakukan pembelian buku karena subjek yang digunakan lebih dipersempit.