Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa
Main Author: | Sofiyan Hady |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengkaji 1)peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran CUPs, 2)respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CUPs, 3)aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran CUPs. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Hidayatul Anam Jakarta Selatan pada Januari-Februari 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematika, lembar observasi siswa, jurnal harian, dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan penerapan model pembelajaran CUPs dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Hal itu terlihat dari peningkatan rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika dari 68,01 pada siklus I menjadi 82,89 pada siklus II. Persentase setiap indikator komunikasi matematika yaitu mathematical expression, drawing, dan written text juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Respon siswa juga mengalami peningkatan dari persentase 69,96% pada siklus I menjadi 76,82% pada siklus II. Kemudian aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 77,5% menjadi 87,5% pada siklus II.