Pengaruh Model Pembelajaran Master (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect) Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Pada Konsep Virus (Kuasi Eksperimen Di Sma Negeri 2 Kabupaten Tangerang)

Main Author: Lupita Sari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER (Mind, Acuire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect) terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada konsep Virus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Kabupaten Tangerang pada peserta didik kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desan nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitan terdiri dari tes objektif berupa pilihan ganda dan non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar biologi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu dengan nilai rata-rata 73,91 untuk kelas eksperimen dan 69.94 untuk kelas kontrol. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,022, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima karena 0,022<0,05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep virus.