Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Berdasarkan Representasi Makroskopis, Mikroskopis dan Simbolik
Main Author: | Siska Fauzi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Pentingnya pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan representasi makroskopis, mikroskopis dan simbolik untuk memperoleh pemahaman konsep yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam berdasarkan representasi makroskopis, mikrokopis dan simbolik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI-1 MAN 6 Jakarta. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes pemahaman dalam bentuk uraian dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata pemahaman konsep siswa berdasarkan representasi kimia dapat dikategorikan cukup dengan persentase pada level makroskopis sebesar 75%, level mikroskopis sebesar 52% dan level simbolik 77%.