Hubungan bimbingan konseling islami terhadap prestasi belajar siswa di MTS Pembangunan UIN Jakarta
Main Author: | Nurramadhan Rahman |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan Bimbingan Konseling Islami terhadap prestasi belajar siswa di MTs. Pembangunan UIN Jakarta. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah dengan wawancara dengan guru BK, sedangkan instrumen yang digunakan adalah Kuesioner. Adapun waktu yang digunakan peneliti untuk wawancara tanggal 15 September 2018 dan jenisnya adalah wawancara tertutup, sedangkan jenis kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup. Adapun populasi adalah seluruh siswa MTs. Pembangunan UIN Jakarta. Sampel yang digunakan berjumlah 58 siswa terdiri dari kelas VIII A dan VIII B MTs. Pembangunan UIN Jakarta dengan teknik Chi Square. Teknik yang digunakan untuk penelitian ini adalah Chi Square. Hasil uji coba menunjukkan bahwa masing ? masing instrumen memiliki validitas yang teruji dengan menggunakan normal distribusi probability. Hasil penelitian menyimpulkan hal ? hal sebagai berikut: 1. Terdapat hubungan yang tinggi antara Bimbingan Konseling Islami terhadap prestasi belajar siswa. 2. Terdapat hubungan antara Bimbingan Konseling Islami terhadap prestasi belajar siswa MTs. Pembangunan UIN Jakarta dengan signifikansi 0,85. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MTs. Pembangunan UIN Jakarta melalui Bimbingan Konseling Islami.