Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-arba?in al-nawawiyah karya Imam Nawawi
Main Author: | Muhammad Rifai Juaini |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung daam kitab al-Arba?in al-Nawawiyah, (2) untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-Arba?in al- Nawawiyah. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif melalui library research (kajian studi kepustakaan), dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode content analisis, analisis ini mengupas nilai-nilai pendidikan akhlak dari isi kitab al-Arba?in al-Nawawiyah. Untuk mendukung penelitian ini, penulis menggunakan sumber data utama yaitu, kitab hadist al- Arba?in al-Nawawiyah karya Imam Nawawi. Berdasarakan hasil penelitian ini, penulis memperoleh bahwa dalam kitab al-Arba?in al-Nawawiyah terkandung nilai-nilai pendidikan akhlak, secara garis besar terbagi menjadi dua bagian, yakni: akhlak kepada Allah Swt dan akhlak kepada makhluk. Pertama, Akhlak kepada Allah meliputi: ketauhidan, takwa, doa, malu, dan tawakal, kedua, Akhlak kepada makhluk meliputi: akhlak terhadap sesama manusia (berkata baik, dermawan, menahan amarah, menjaga kehormatan, nasihat, persaudaraan, penolong, pemaaf), akhlak terhadap diri sendiri (memelihara kebersihan dan keindahan dan zuhud), akhlak terhadap tetangga dan tamu, akhlak terhadap binatang. Beberapa nilai pendidikan tersebut dapat diimplementasikan di sekolah dan di dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan beberapa metode diantaranya metode mau?izah (nasihat), metode uswatuh hasanah (keteladanan), metode ta?wid (pembiasaan) dan metode targhib dan tarhib.