Persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang

Main Author: Muhammad Ilyas Albani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan DPAD Kota Tangerang, peminjaman, pengembalian, sanksi/denda, dan statistik peminjaman dan pengembalian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, kuesioner dan wawancara. Sampel adalah pengunjung Perpustakaan DPAD Kota Tangerang sebanyak 30 orang, observasi menggunakan metode accident Sampling. Hasil dari data yang diperoleh kemudian diolah. Untuk mengukur persepsi Pemustaka peneliti menggunakan skala Likert yag bertujuan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di perpustakaan DPAD Kota Tangerang secara keseluruhan ialah sangat nyaman dengan hasil skor rata-rata yaitu 4,37. Dengan rincian persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi peminjaman di perpustakaan DPAD Kota Tangerang mempunyai skor 4,42 (sangat nyaman), persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi pengembalian di perpustakaan DPAD Kota Tangerang mempunyai skor 4,38 (sangat nyaman), persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi sanksi/denda mempunyai skor 4,31 (sangat nyaman), dan persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di perpustakaan DPAD Kota Tangerang 4,35 (sangat nyaman)