Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik four-tier digital pada materi suhu dan kalor

Main Author: Dini Ayu Cahyani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor menggunakan tes diagnostik four tier digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pemilihan populasi target menggunakan teknik random sampling, populasi terjangkau menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahapan pembuatan instrumen dan tahap pelaksanaan penelitian. Pada tahapan pembuatan instrumen dilaksanakan di SMAN 4 Tangerang Selatan dan pada pelaksanaan penelitian dilaksanakan di SMAN 6 Tangerang Selatan sebanyak 67 siswa kelas XI MIPA. Hasil pembuatan soal diperoleh 26 soal valid dengan reabilitas sebesar 0,89. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik four tier digital dengan membagi pemahaman konsep siswa dalam kategori paham konsep, tidak paham konsep, miskonsepsi dan eror. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa 33% siswa mengalami miskonsepsi pada materi Suhu dan Kalor.