Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem koordinasi

Main Author: Siti Hartini Yulianti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem koordinasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 73 siswa yang terdiri dari 37 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes keterampilan proses sains berupa tes uraian dan lembar observasi. Hasil analisis data keterampilan proses sains siswa menggunakan uji-t dengan tingkat kepercayaan &#945; = 0,05. Hasil pengujian diperoleh nilai signifikansi/probabilitasnya adalah 0,032 < &#945;, dengan nilai &#945; = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem koordinasi.