Pengaruh Model Pembelajaran PDEODE (Predict?Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia

Main Author: Mukhayyarah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE (Predict?Discuss?Explain?Observe?Discuss?Explain) terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem pernapasan manusia di kelas XI. Penelitian ini dilakukan di SMAN 17 Jakarta tahun ajaran 2016/2017 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 yang berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 75,45 dan kelas kontrol sebesar 66,37. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PDEODE lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran PDEODE. Hasil pengujian hipotesis statistik dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 2.607 dan pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan (dk) = 59 diperoleh ttabel sebesar 2.001. Itu berarti thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss?Explain) terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem pernapasan manusia.