Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Pendidikan Agama Islam

Main Author: Afrizal Haqqul Yaqin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan AgamaIslam melalui strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here di SMP Islam Daarul Ilmi Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen test yang digunakan berupa, soal preetest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda, serta Instrumen non test berupa wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII (Delapan) SMP Islam Daarul Ilmi Bogor yang berjumlah 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini dapat dibuktikan dengan meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar perta didik pada siklus I saat pretest yaitu 60 meningkat menjadi 70 pada saat posttest. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik saat pretest yaitu 70 meningkat menjadi 90 pada saat posttest. Adapun Indikator keberhasilan yang dicapai KKM adalah 75.