Peranan Pesantren Dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Daarul Falah, Serang, Banten

Main Author: Hanifah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • nilai mendasarnya. Nilai-nilai adalah pembentuk budaya dan merupakan dasar atau landasan bagi perubahan dalam hidup pribadi atau pun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanan peranan pesantren dalam pembinaan akhlak santri di pondok pesantren Daarul Falah, Serang, Kec. Carenang, Banten. Metodelogi penelitian ini adalah menggunkan metode penelitian kualitataif, lebih tepatnya kualitatif deskriptif. Penelitian ini memakai pendekatan penelitian lapangan (Field Research) dapat juga dianggap sebagai pendekatan luas dalam penelitian kualitatif atau sebagai metode untuk mengumpulkan data kualitatif. Ide pentingnya adalah bahwa peneliti berangkat ke ?lapangan? untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah atau ?in situ?. Dalam hal demikian maka pendekatan ini terkait erat dengan pengamatan-berperan serta.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan dan program pembinaan akhlak santri dipondok pesantren daarul falah, merupakan proses agar santri-santrinya mempunyai ilmu pengetahuan islami dan dapat mengamalkannya agar berakhlak mulia yang dilakukan dengan beberapa bidang pendidikan formal dan non formal. Peranan pesantren dalam pembinaan akhlak santri dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya; metode ceramah, metode Tanya jawab, metode diskusi kelompok, serta ustad atau ustadzah mecontohkan agar santri dapat melihat contoh akhlak yang terpuji.