Peningkatan hasil belajar ips dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa Kelas V MI AL Manshuriyah Kota Tangerang

Main Author: Kartini Kristina
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V MI Al Manshuriyah Kota Tangerang. Selain itu, motivasi dan aktivitas belajar siswa masih rendah karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Dari latar belakang tersebut, disusun rumusan masalah yaitu ?Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V MI Al-Manshuriyah Kota Tangerang??. Berdasarkan perumusan masalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Manshuriyah Kota tangerang tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 22 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V, guru kelas, dan data dokumen. Data yang dihimpun merupakan data kualitatif yakni aktivitas belajar siswa, dan data kuantitatif mencakup hasil belajar siswa, rata-rata kelas, dan ketuntasan belajar klasikal. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes yang meliputi pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa tes dan lembar pengamatan. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila hasil belajar siswa meningkat sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa baru mencapai 63% dengan rata-rata kelas 75,63. Dengan hasil belajar yang diperoleh, peneliti belum dapat memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, peneliti mengadakan perbaikan di siklus II agar hasil penelitian dapat meningkat. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa mencapai 86% dengan ratarata nilai hasil belajar78,13.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS,hal tersebut terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar keseluruhan siswa kelas V MI Al Manshuriyah Kota tangerang.