Pengaruh pembelajaran CIRC terhadap pemahaman soal cerita matematika siswa MI kelas III (kuasi eksperimen di MI Al Amanah Joglo)
Main Author: | Mursahid |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC terhadap pemahaman soal cerita matematika kelas III pada pokok bahasan operasi hitung campuran. CIRC (cooperative Integrated Reading and Compotition) pada awalnya merupakan pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis yaitu sebuah program komprehensif untuk pengajaran membaca dan menulis untuk kelas-kelas tinggi sekolah dasar, CIRC diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami, menafsirkan dan menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al Amanah Joglo tahun ajaran 2016/2017. metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Posttest Only Control Design.