Menyelami novel kiai ibrahim dan tempat-tempat ibadat karya akhmad dimyati serta relevansinya terhadap pendidikan karakter
Main Author: | Udi Sukrama |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam novel Kiai Ibrahim dan Tempat-Tempat Ibadat karya Akhmad Dimyati dan relevansinya terhadap pembelajaran di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap novel Kiai Ibrahim dan Tempat-Tempat Ibadat Karya Akhmad Dimyati yaitu: 1) Nilai pendidikan karakter dalam novel Kiai Ibrahim dan Tempat-Tempat Ibadat Karya Akhmad Dimyati dibedakan menjadi empat kriteria. Pertama, nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan Tuhan, yang meliputi nilai; berdoa, beriman, dan bertaubat yang dikategorikan menjadi nilai pendidikan karakter religius. Kedua, nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan dirinya sendiri, yang mencakup nilai; disiplin, demokratis, kreatif, kerja keras, dan semangat kebangsaan. Ketiga, nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan masyarakat, yang mencakup nilai; jujur, rasa ingin tahu, peduli sosial, toleransi, tanggung jawab, komunikatif, disiplin, dan kreatif. Keempat, nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan lingkungan, yang meliputi komunikatif dan peduli lingkungan. 2) Terdapat relevansi novel Kiai Ibrahim dan Tempat-Tempat Ibadat karya Akhmad Dimyati terhadap materi pembelajaran di sekolah, sehingga dapat digunakan sebagai bahan rujukan dalam kegiatan literasi materi pembelajaran sastra pada siswa SMA.