Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) dan Wawancara Diagnosis pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria

Main Author: Disa Fajriah Arifin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas X SMAN 87 Jakarta pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 61 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda disertai dengan metode Certainty of Response Index (CRI) serta lembar wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa miskonsepsi muncul pada sub konsep ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria sebesar 27,9%, sub konsep klasifikasi Archaebacteria dan Eubacteria sebesar 25%, sub konsep struktur tubuh bakteri sebesar 18,1%, sub konsep reproduksi bakteri sebesar 30,6%, dan sub konsep peranan Archaebacteria dan Eubacteria sebesar 31,4%. Dengan demikian hasil analisis menunjukkan bahwa miskonsepsi pada siswa dikarenakan siswa tidak memahami konsep secara utuh dan menghubungkan satu konsep dengan konsep lain dengan pemahaman parsial, sehingga mengakibatkan siswa membuat kesimpulan yang salah. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa CRI efektif digunakan untuk mengetahui miskonsepsi dan wawancara diagnosis efektif digunakan dalam mengetahui alasan siswa yang menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi.