Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V) SDIT YASFI

Main Author: Abdurrahman Saleh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan memperolah gambaran secara empiris mengenai penerapan pembelajaran Kontekstual pada pelajaran PKn kelas V di SDIT YASFI. Variabel terikat (X) dalam penelitian ini adalah pembelajaran PKn, sedangkan variabel bebas (Y) dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan metode CTL pada pelajaran PKN di kelas V. Hasil belajar bukanlah hanya berbentuk semangat dan antusiasme, akan tetapi juga mencakup tentang perubahan tingkah laku dan merupakan hasil yang didapatkan oleh siswa berupa proses pembelajaran di kelas V pada mata pelajaran PKn dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan pada kelas V SDIT YASFI dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Instrument yang digunakan untuk kedua variabel dalam pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, studi dokumentasi. Setelah melakukan analisis dan pembahasan lengkap atas fakta, data dan hasil tes dalam penelitian ini, maka penulis dapat mengetahui proses pembelajaran, penerapan, pembelajaran CTL, pada pelajaran PKn Kelas V di SDIT YASFI dengan menunjukan hasil proses pembelajaran yang cukup baik.