TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RSU ANUTAPURA PALU PADA BULAN JULI 2012
Main Author: | MUH. FURQON FAHLULY |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://lib.fkik.untad.ac.id:443/index.php?p=show_detail&id=265 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sebagian besar pasien miskin pengguna asuransi Jamkesmas masih mengeluhkan pelayanan rumah sakit yang kurang memuaskan. Keluhan tersebut antara lain terkait dengan pelayanan administrasi, perawat, dokter, sarana dan prasarana, uang muka, obat, biaya dan layanan rumah sakit lainnya. Kepuasan pasien dapat dinilai berdasarkan lima dimensi kepuasan, yaitu kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan/asuransi (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan di RSU Anutapura Palu. Penelitian dilakukan di RSU Anutapura pada tanggal 1 Juli sampai dengan 17 Juli 2012 dengan menggunakan metode deskriptif. Cara pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 pasien. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan pengolahan data dilakukan dengan komputerisasi (SPSS 17/Microsoft Excel) yang ditampilkan dalan bentuk distribusi persentase. Skala kriteria tingkat kepuasan berdasarkan indeks yang merujuk pada skala likert, dengan criteria sangat puas (84%-100%), puas (68%-83%), cukup puas (52%-67%), tidak puas (36%-51%) dan sangat tidak memuaskan (