Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pembelajaran mufrodat melalui metode bernyanyi di MTs Ma’arif NU 02 Cilongok yang meliputi : pembelajaran mufrodat, metode bernyanyi, dan penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat. Permasalahan yang telah dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat di MTs Ma’arif NU 02 Cilongok, dengan beberapa metode dalam satu proses pembelajaran yang digunakan secara berkesinambungan. Diantara metode yang digunakan adalah metode membaca, metode tarjamah, metode menghafal, dan metode menulis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research ) dengan mengambil lokasi di MTs Ma’arif NU 02 Cilongok. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data deskriptif, yaitu analisis yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menyusun suatu data kemudian diusahakan adanya analisis data untuk diambil kesimpulan dengan menggunakan pola pikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran mufrodat melalui metode bernyanyi di MTs Ma’arif NU 02 Cilongok sudah dilakukan sesuai dengan teori. Adapun pembelajaran mufrodat melalui metode bernyanyi dilakukan sebagai berikut : menulis mufrodat di papan tulis, siswa menulis mufrodat di buku masing-masing, guru membacakan mufrodat disertai dengan lagu ( nyanyian ) dan siswa menirukan mufrodat yang telah dibacakan oleh guru.