KEBIJAKAN STRATEGI KEMENTE RIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI BANYUMAS

Main Author: Umi Hanifah Gozali, NIM. 1223303035
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/976/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.PDF
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/976/2/UMU%20HANIFAH%20GOZALI_KEBIJAKAN%20STRATEGI%20KEMENTERIAN%20AGAMA%20KABUPATEN%20BANYUMAS%20DALAM%20MENINGKATKAN%20MUT.PDF
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/976/
Daftar Isi:
  • Sumber daya manusia yang bermutu merupakan faktor pentig dalam pembangunan bangsa, dan SDM yang bermutu hanya diwujudkan dengan pendidikan yang bermutu. Menurut Direktorat Jendral Pendidikan Islam kesadaran akan pentingnya pendidikan sebagai proses peningkatan kualitas SDM menuntut adanya diverisifikasi layanan pendidikan, mengingat luas dan heterogennya cakupan sasaran pendidikan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kementerian agama kabupaten banyumas dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren dengan mengadakan program kesetaraan jenjang pendidikan dimana salah sarunya melalui strategi yang digunakan kementerian agama kabupaten banyumas dengan cara menyingkronkan teori menurut yaitu perubahan terus menerus, menentukan standar mutu, perubahan kultur, perubahan organsasi dan memperthankan hubungan dengan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana penelitian ini dalam penyajian datanya menggambarkan objek penelitian yaitu kebijakan dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi terhadap kepala seksi PD Pontren Kemenag Banyumas serta Seksi Pontren Kemenag Banyumas serta beberapa pondok pesantren penyelenggara program pendidikan kesetaran mulai dari 26 Oktober 2015 s/d 26 Juli 2016. Dalam menganalisis data penelitian ini digunakan untuk menggambarkan data-data mengenai kebijakan kemenag Banyummas. Proses analisis meliputi reduksi data yaitu merangkum, memilih, memfokuskan serta dicari tema dan dengan membuang data yang tidak perlu lalu data disajikan dengan menguraikan konsep yang berhubungan dengan kebijakan strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. Hasil dari penelitian ini adalah penggambaran kebijakan strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren dengan mengimplementasikan strategi peningkatan mutu dalam buku Edward Sallis