PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AL ITTIHAAD MA’ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | AMRUN ARDIANTAMA, NIM. 102331195 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/973/1/AMRUN_PENERAPAN%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20KONTEKSTUAL%20DALAM%20MATA%20PELAJARAN%20FIQIH.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/973/2/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/973/ |
Daftar Isi:
- Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL) merupakan strategi yang melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran. Siswa didorong untuk beraktivitas mempelajari materi pelajaran sesuai dengan topik yang akan dipelajarinya. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya sekedar mendengarkan dan mencatat, tetapi belajar adalah proses berpengalaman secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-ittihaad Ma‟arif NU 1 Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Untuk memperoleh informasi dan data – data yang diperlukan dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu, metode observasi, wawancara, dan dokumentasai.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Ittihaad Ma‟arif Nu 1 Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal – hal yang terkait dengan strategi pembelajaran kontekstual. Strategi pembelajaran kontekstual merupakan suatu strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membantu guru mengaitkan materi yang telah diperoleh oleh peserta didik kedalam dunia nyata. Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Ittihaad Ma‟arif Nu 1 Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas dinilai sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih. Guru melakukan pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih dengan tujuan mengarahkan siswa dalam mengenal, memahami, menghayati,dan mengamalkan hukum Islam yang mengarahkan siswa supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta pengalaman siswa sehingga menjadi muslim yang selalu bertambah keimanannya kepada Allah SWT.