METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS

Main Author: NGAFIF MAJID ABDULLAH, NIM. 1223301117
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/970/1/NGAFIF%20MAJID%20ABDULLAH_METODE%20PENGEMBANGAN%20SOSIAL%20EMOSIONAL%20ANAK%20DI%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20WATHONIYAH.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/970/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/970/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas dalam Pelaksanaan program kegiatan belajar di dalam sekolah ataupun di luar sekolah salah satunya menggunakan metode pengembangan sosial emosional, yaitu melalui bernyanyi, diskusi kelompok, bermain kooperatif, keteladanan, tadabur alam, program peduli orang lain, peduli lingkungan, disiplin, kegiatan rutin atau pembiasaaan-pembiasaan seperti berdo’a sebelum dan sesudah memulai kegiatan belajar, pembiasaan hafalan al-qur’an, juz 30 di pagi hari sebelum memulai kegiatan belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik melakukan penelitian yang mengkaji tentang metode pengembangan sosial emosional anak di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Rumusan maslah penelitian ini adalah “ Bagaimana Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas ?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengembangan sosial emosional anak yang dilakukan oleh guru di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wathoniyah Islamiyah Kebarongan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I B, sedangkan objek penelitian adalah metode pengembangan sosial emosional anak di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu mengenai metode pengembangan sosial emosional anak di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan meliputi tiga tahap, yang pertama yaitu tahap persiapan meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan rencana kegiatan harian yang sudah terjadwal. Kedua adalah tahap pelaksanaan, yaitu meliputi kegiatan pelaksanaan metode pengembangan sosial emosional di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan sementara ada enam metode yang digunakan, yaitu mencakup pengelompokan anak, bermain kooperatif, bercerita, bernyanyi, belajar berbagi (sharing), dan kegiatan rutin atau pembiasaan. Ketiga adalah tahap evaluasi.