METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN FATHUL HUDA KEBONDALEM PURWOKERTO
Main Author: | MutoharohNurhidayah, Nim : 092331014 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/938/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/938/2/SEKRIPSI%20LENGKAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/938/ |
Daftar Isi:
- Metode digunakan dalam serangkaian system pembelajaran yang memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilannya. Skrips iinid ilatar belakangi dengan ditemukannya sejumlah santri yang belum dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh mengenai materi al-Qur’an dan masihterjadi kesalahan dalam membaca al-Qur’an. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Fathul Huda Kebondalem Purwokerto. Sedangkan tujuan penelitianini adalahuntuk mengetahu ibagaimana implementasimetod epembelajaran di Pondok Pesantren Fathul Huda Kebondalem Purwokerto. Penelitianini merupakan penelitian lapangan ataufield research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Dalam penelitianinipenulismenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifsehinggapenulisjugamenggunakanmetodedeskriptif. Subjekdalampenelitianiniadalahustadz/ustadzahdanpengasuhPondokPesantrenFathul Huda KebondalemPurwokerto. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi. Sedangkandalamteknikanalisis data penulisjugamenggunakanmetodeberfikiryaitumetodeinduktif, deduktifdankomparatifsertamenggunakantigaalurkegiatan yang berlangsungsecarabersamaanyaitureduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Teknikinidigunakansebagaiacuanuntukmempermudahdalammemahamipenelitian yang disajikansebagaihasilakhirdaripenelitiansehinggadapatmemberikanpemahaman yang semestinya. Hasildaripenelitianinimenunjukan: 1. Metode yang digunakanantara lain: metodeceramah, metodetanya-jawab, metodediskusi, metodehafalan, metodedemonstrasi, metodeqiro’ati, metodedrillataulatihan, metodesorogan (face to face), metodebandongan, metodeimla’, danmetodekerja kelompok. 2. Penggunaan metode pembelajaran olehutadzdan ustadzah sudah sesuai dengan metode-metode yang disampaikan penulis pada landasanteori Bab II. 3. Untuk evaluasi diadakannya khataman setiap tahunpelajaran, diadakan lomba seperti lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas-Cermat (LCC), dan buku prestasi mengajisantri.