Daftar Isi:
  • Guru memiliki terutama kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional perlu untuk ditingkatkan agar tercapai suatu tujuan pendidikanyang tidak terlepas dari peran para guru yang berkompeten. Berkaitan dengan itu, guru rumpun PAI merupakan orang yang nomor satu dalam melakukan upaya peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.Kepala MTs Negeri Pangandaran selaluberupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolahnya melalui beragam fasilitas program, termasuk upaya peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Olehkarenaitu, skripsiini berusaha untuk menelititentang bagaimanausaha guru rumpun PAI MTs Negeri Pangandaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Tujuandaripenelitian yang dilakukan penelitiiniyaitu untuk mengetahui bagaimana usaha guru rumpun PAI MTs Negeri Pangandaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research)dan penelitian ini digolongkan penelitian deskriptif kualitatif. Maksudnya, Penelitianinidimaksudkanuntukmengumpulkaninformasimengenai status gejala yang adayaitukeadaangejalamenurutapaadanyapadasaatpenelitiandilakukan. Dalammengumpulkan data, penelitimenggunakanmetodeobservasiuntukmengetahui bagaimanaguru rumpun PAI MTs Negeri Pangandaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.Metodedokumentasidigunakanuntukmemperoleh data dokumentasiMTs Negeri Pangandaran.Metodewawancaradigunakanuntukmencari data tentangbagaimanausaha guru rumpun PAI MTs Negeri Pangandaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. SubyekdalampenelitianiniadalahkepalaMTs NegeriPangandaran dan Guru rumpun PAI MTs Negeri Pangandaran. Sedangkanobjekpenelitiannyaadalahusaha guru rumpun PAI MTs Negeri Pangandaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat peneliti simpulkan bahwa usaha guru rumpun PAI MTs Negeri Pangandaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dilakukan dengan cara mengikuti berbagai aktifitas-aktifitas yang menunjang kompetensinya..