PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI SD AL AZHAR 16 CILACAP
Main Author: | SITI ZAKIYATUSH SHOLIKHAH, NIM. 1223301150 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/899/1/SITI%20ZAKIYATUSH%20SHOLIKHAH_PROGRAM%20TAHFIDZUL%20QUR%E2%80%99AN%20DI%20SD%20AL%20AZHAR%2016%20CILACAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/899/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/899/ |
Daftar Isi:
- Pada zaman sekarang ini kebanyakan anak lebih asyike bermain gadget dibandingkan untuk membaca Al Qur‟an apalagi menghafalkannya. Program tahfidzul Qur‟an merupakan salah satu program unggulan yang ada di SD Al Azhar 16 Cilacap. diterapkannya program tahfidzul Qur‟an bertujuan untuk merubah akhlak anak menjadi akhlak qur‟ani serta anak llebih sering membaca dan menghafal Al Qur‟an serta mendalami isi kandungan Al Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mendkripsikan dan menganalisis secara kritis tentang program tahfidzul qur‟an di SD Al Azhar 16 Cilacap. Jenis penelitian ini penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles dan Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Verivikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidzul Qur‟an di SD Al Azhar 16 Cilacap merupakan salah satu pelajaran yang termasuk dalam kurikulum sekolah. Kegiatan pembelajaran tahafidzul Qur‟an sama dengan pembelajaran pelajaran lainnya. Adapun ketercapaian hafalan surat yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah sesuai dengan tingkatan kelas. Faktor pendukung yaitu minat dan motivasi siswa yang tinggi, perhatian orang tua dan guru serta fasilitas yang memadai. Faktor penghambat yaitu kemampuan anak dalam menghafal, ketidaktahuan karakteristik pertumbuhan anak dan lingkungan.