IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF 07 KARANGMANGU KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | ASRIYATI, NIM.1223305015 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/898/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/898/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/898/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan dikatakan berhasil apabila menunjukan adanya penyelenggaraan pengajaran yang efektif dan efisien yang melibatkan semua komponen-komponen pembelajaran yang menyangkut tujuan pengajaran. Komponen-komponen tersebut dilibatkan secara langsung tanpa menonjolkan salah satunya. Komponen tersebut harus diberdayakan bersama-sama. Media merupakan komponen yang dapat membantu memudahkan guru dalam menjalankan tugasnya untuk menyampaikan pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Mengingat bahwa media merupakan komponen penting dalam sebuah proses pembelajaran, maka penulis tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan media visual pembelajaran IPS dikelas V MI Ma‟arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media visual pembelajaran IPS dikelas V MI Ma‟arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa guru IPS kelas V dalam melaksanakan pembelajaran dikelas selalu menggunakan media visual, baik media yang sudah ditersedia di Madrasah tersebut maupun media yang dirancang sendiri. Seperti yang penulis lihat pada waktu pembelajaran IPS dikelas V MI Ma‟arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap, media yang digunakan diantaranya yaitu: (1) media cetak berupa Buku Ajar Mandiri. (2) Media Gambar. (3) Media Dua Dimensi seperti Slide. (4) Peta. (5) Papan tulis. Dan penggunaan media-media tersebut sudah sesuai dengan macam-macam media dan penggunaannya, silabus, RPP, dan materi yang akan disampaikan sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi siswa