IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 2 PURWOKERTO

Main Author: MAILANI AZIZAH, NIM. 1223301089
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/897/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/897/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/897/
Daftar Isi:
  • Dalam kurikulum 2013 proses pembelajaran dilakukan dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Penilaian autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Karena penilaian autentik ini dapat menggambarkan peningkatan prestasi peserta didik baik pada proses belajar maupun hasil belajar. SMK N 2 Purwokerto merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan penilaian autentik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi ilmiah tentang pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 2 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana penulis menggabungkan data-data yang ada untuk kemudian diwujudkan dalam bentuk kalimat agar mudah dipahami oleh penulis maupun pembaca. Adapun metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang konkrit yang sesuai dengan kebutuhan penelitian yang dilaksanakan di SMK N 2 Purwokerto. Hasil penelitian implemetasi penilaian autentik kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 2 Purwokerto menerapkan penilaian autentik pada tiga kompetensi yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Langkah-langkah dalam penerapan penilaian berupa perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan/analisis penilaian dan pelaporan penilaian. Teknik dan Instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu (a) aspek sikap, teknik penilaian jurnal instrumen yang digunakan catatan guru . (b) aspek pengetahuan, teknik tes tertulis instrumennya berupa soal uraian, teknik tes lesan instrumen berupa daftar pertanyaan dan teknik penugasan instrumennya berupa pekerjaan rumah (c) aspek keterampilan, teknik tes praktek berupa unjuk kerja menggunakan instrumen cheklist, penilaian proyek berupa cheklist.