PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI SUMBERJATI AMBAL KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | M. FATKHUL HIDAYAT, NIM : 092331094 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/864/1/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/864/2/M.%20FATKHUL%20HIDAYAT_PENGGUNAAN%20MEDIA%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20%28PAI%29%20DI%20SD%20NEGERI%20SUMBERJATI%20AMBAL%20KEBUMEN%20TAHUN%20PELAJARAN%202013%202014.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/864/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaranadalahsegalasesuatu yang mengantarkanpesandarisumberkepenerimadalamkegiatanbelajarmengajar, guru hendaknyadapatmenggunakandanmemanfaatkannyasebagaialatbantumengajar. Dalampenggunaan media pembelajaran agama, hendaknya guru dapatmenyesuaikandenganmateri yang akandisampaikandandapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa, danjugatidakbertentangandengansyari’at agama atautidakmelanggaretika agama. Berangkatdaripermasalahan di atas, makasecaraumumsecaraumumpermasalahan yang dirumuskandalampenelitianiniyaitu, BagaimanakahPenggunaan Media DalamPembelajaranPendidikan Agama Islam di SD NegeriSumberjatiAmbalKebumen?.Penelitian yang penulislakukan di SD negeriSumberjatiAmbalKebumenadalahpenelitiandeskriptifkualitatif.Dalammengump ulkan data, penulismenggunakanmenggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Sedangkanuntukanalisisnya, penulismenggunakanteknikanalisisdeskriptifkualitatif, yaituberupa data-data yang tertulisataulisandarihasilobservasi, wawancaradandokumentasi di lokasipenelitiansehinggadalamhalinipenulisberupayamengadakanpenelitian yang bersifatmenggambarkansecaramenyeluruhtentangkeadaan yang sebenarnya. Dari hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwasannyadalam proses pembelajaranPendidikan Agama Islam di SD NegeriSumberjatiAmbalKebumen guru menggunakan media pembelajaran, akantetapidalampenggunannnyadisesuaikandenganmateri yang akandisampaikan.Disampingmengunakan media-media pembelajaran yang adajugamenggunakanmetode yang yangsesuaidenganmateri yang akandisampaikan, yaitudisesuaikandenganmateri, tujuan, metode, karakteristiksiswa, halinidimaksudkan agar penggunaan media pembelajarantidakmelencengdarimateripembelajaransehinggadenganadanyapengguna an media pembelajaransiswaakanlebihmudahmemahamimateripembelajaran. Jenis media yang digunakanoleh guru Pendidikan Agama Islam di SD NegeriSumberjatiAmbalKebumendiantaranya: media visual yaitugambar slide melalui LCD projector, media audio visualyaitu film melalui LCD projector, media cetak, media gambardan media manusia. x Kata kunci: Penggunaan Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam