IMPLEMENTASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: MOHAMMAD KHAMID ABDULLAH, NIM. 1123301012
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/843/1/MOHHAMAD%20KHAMID%20ABDULLAH_IMPLEMENTASI%20KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/843/2/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/843/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya profesional guru dalam melaksanakan tugas, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam perkembangan kepribadian siswa. Dalam hal ini peneliti mengkaji implementasi/penerapan kemampuan guru dalam pembelajaran PAI serta faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat proses implementasi dalam pembelajaran PAI. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Perencanaan yang dilakukan sebelum melaksanakan implementasi dalam pembelajaran PAI, (2) Metode yang digunakan dalam implementasi pembelajaran PAI, (3) Sumber materi yang digunakan dalam proses belajar mengajar, (4) Stategi yang digunakan dalam menyampaikan materi, (5) Bagaimana pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI, (6) Dalam proses belajar mengajar apakah hanya di dalam kelas atau bisa di luar kelas, (7) Bagaimana hubungan guru dengan siswa dalam pembelajaran PAI. Faktor yang dapat mendukung proses implementasi dalam pembelajaran PAI adalah (1) Peran sekolah dalam mewujudkan profesional kompetensi guru dalam pembelajaran PAI, (2) Langkah yang ditempuh untuk mewujudkan profesional kompetensi guru PAI, (3) Pihak yang terlibat dalam upaya mewujudkan kompetensi profesional guru PAI. Sedangkan faktor penghambat antara lain (1) Kurangnya sarana dan prasarana yang tidak mendukung, (2) Guru tidak intelektual, (3) Kurangnya guru dalam memahami isi dari kurikulum yang ditetapkan, (4) Kurangnya pemahaman moral dan tidak menjalankan kode etik yang berlaku. Dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi kompetensi profesional guru dalam pembelajaran PAI. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian disarankan (1) Guru memahami tuntutan standar profesi yang ada, (2) Guru mencapai kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan, (3) Guru harus mampu membangun hubungan kesejawatan yang baik melalui organisasi profesi, (4) Guru mengembangkan etos kerja yang vi mengutamakan pelayanan bermutu tinggi kepada konstituen (5) Guru dituntut melakukan inovasi dalam pemanfaatan teknologi dalam mengelola pembelajaran.