STRATEGI BELAJAR PESERTA DIDIK BERPRESTASI DI KELAS ATAS MI MAARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: UJI PRIBADI, NIM. 1223305113
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/842/1/SKRIPSI%20UJI%20PRIBADI_STRATEGI%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20BERPRESTASI%20DI.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/842/2/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/842/
Daftar Isi:
  • Peserta didik dalam keseharianya di madrasah mempunyai tugas untuk belajar, mulai dari menghafalkan kosa kata membaca materi dan mengerjakan soalsoal. Karenanya peserta didik perlu mempunyai strategi yang tepat dalam belajarnya peserta didik dapat melakukan belajarnya selain di madrasah dapat juga dilakukan dirumah. Oemar hamalik dalam buku cara belajar siswa aktif, menyatakan bahwa perbuatan belajar adalh perbuatan yang sangat kompleks, proses yang berlangsung dalam otak manusia. Dari belajar peserta didik dapat mengalami berbagai perubahan baik dari sikap, dan hasil belajar yang didapatkan. Belajar itu sesuai dengan kondisi mental peserta didik yang akan menjalaninya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif penelitian lapangan (field reseach) yaitu pendekatan yang menekankan pada hasil pengamatan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana startegi belajar peserta didik di MI Ma’arif NU 1 Sokawera. Untuk membantu peneliti mengetahui apa yang terjadi di lingkungan di bawah pengamatan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan langkah analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bhawa strategi belajar peserta didik di MI Ma’arif NU 1 Sokawera menunjukan adanya strategi yang digunakan oleh peserta didik melalui kegiatan formal dan non formal yang ada di madrasah tersebut. Strategi belajar yag digunakan yaitu mendengarkan, membaca, menulis, mengingat, menetapkan tujuan, menambah jam belajar, menambah latihan-latihan sendiri dan mengevaluasi hasil pekerjaan sendiri.