Daftar Isi:
  • Perkembanganilmupengetahauandanteknologimendorongupaya-upayapembaharuandalampemanfaatanhasil-hasilteknologidalam proses pembelajaran. Salah satunyaadalahpenerapan multimedia dalampembelajaran. Multimedia merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang menggabungkan antara media audiodan visual, sehingga mampu membuatkonsep yang abstrak menjadilebihkonkretdanmeningkatkandayaserapsiswaterhadapmateripelajaran, karena multimedia menggabungkansuara, teks, gambaratauanimasidan video. Multimedia juga dapat mengatasi perbedaan modalitas siswa yang berbeda-beda dalam satu kelas. Pada materi Pendidikan Agama Islam tidak hanya kemampuan kognitif yang dituntut tetapi kemampuan afektif dan psikomotor juga dituntut. Oleh karena itu, penerapan multimedia secara terintegrasi dengan metode pembelajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan kemampuan siswa akan sangat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Rumusanmasalahdalam penelitianiniadalahbagaimanapenerapanmultimediadalampembelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 KarangpucungKabupatenCilacap. Penelitianinimerupakanpenelitianlapangandenganjenispenelitiandeskriptifkualitatif.Metodepengumpulan data yang penulisgunakanadalahobservasi, wawancaradandokumentasi. Sedangkanuntukmenganalisis data yang penulisperoleh, dilakukandengancaramenelaahseluruh data, mereduksi data, menyajikan data danverifikasi data. Hasildaripenelitianmenunjukanbahwapenerapan multimedia padapembelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Karangpucungmenggunakan laptop, LCDProyektor, CD Pembelajaran MGMP PAI Jawa Tengah danslide PowerPoint.Berdasarkanwawancara, dalamprosedurpemilihandanpengembangan media yang dilakukan guru telahsesuaiteoriRayandraAsyhar. Kemudianuntuklangkah-langkahpenerapan multimedia dalampembelajaranberdasarkanobservasisudahcukupbaik, haliniditunjukkandenganantusiasmesiswa yang tinggidalammengikutipembelajarandanhasilevaluasi yang menunjukkantercapainyatujuanpembelajaran. Kata kunci : MultimediaPembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan SMP Negeri 2 Karangpucung.