PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MA’ARIF NU PESAWAHAN RAWALO BANYUMAS
Main Author: | ISMI HIDAYATI, NIM. 1223305054 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/802/1/ISMI%20HIDAYATI%20%28PENINGKATAN%20KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20GURU%20DI%20MI%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%20PESAWAHAN%20RAWALO%20BANYUMAS%29.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/802/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/802/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan kompetensi pedagogik sangatlah penting dilakukan. Sebab, untuk memperbaiki mutu pendidikan perlu adanya guru yang berkompenten. Namun saat ini ada banyak guru yang belum mampu memaksimalkan kompetensi pedagogik tersebut. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya guru yang belum memahami kebutuhan peserta didiknya, pembelajaran cenderung monoton yang membuat peserta didik cepat jenuh ketika melakukan proses belajar mengajar. Untuk itu, peningkatan kompetensi perlu dilakukan supaya guru lebih memahami wawasan kependidikan, memahami segala kebutuhan peserta didiknya, memahami metode dan strategi apa yang harus digunakan ketika pembelajaran, dsb. Dengan demikian, tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal dan mutu pendidikan akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengjelaskan peningkatan kompetensi pedagogik guru di MI Ma’arif NU Pesawahan Rawalo Banyumas. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas I-VI MI Ma’arif NU Pesawahan Rawalo Banyumas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peningkatan kompetensi pedagogik guru di MI Ma’arif NU Pesawahan Rawalo Banyumas sudah baik. Terbukti, setiap komponen kompetensi pedagogik telah dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkannya. (1) Peningkatan wawasan kependidikan dengan rajin membaca buku pengetahuan dan penguasaan penggunaan media teknologi yang ada. (2) Peningkatan pemahaman terhadap peserta didik dengan pendekatan dan home visit. (3) Peningkatan pengembangan kurikulum dan silabus dengan mengembangan prota, promes, RKM, dan RKH. (4) Peningkatan pengelolaan pembelajaran dilakukan dengan penelitian tindakan kelas, pembuatan media pembelajaran. (5) Peningkatan pemanfatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih. (6) Peningkatan pengembangan peserta didik dengan memberi ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan bakatnya dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Kata kunci : Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru, MI Ma’arif NU Pesawahan Rawalo Banyumas