IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MIFTAHUL AFKAR KARANGTURI KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | RIZQI ANDRIYANA, NIM. 092335064 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/799/1/RIZQI%20ANDRIYANA_IMPLEMENTASI%20%20PENDEKATAN%20CONTEXTUAL%20TEACHING%20AND%20%20LEARNING%20%28CTL%29%20DALAM%20PEMBELAJAR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/799/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/799/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas I11 di MI Miftahul afkar karanguri adalah kelas yang telah menerapkan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Mempelajari mata pelajaran IPA pada tingkat sekolah dasar sangat penting karena memberikan pengalaman langsung untuk mengembangkan kemampuan agar menjelajahi dan memahami alam sekitar. Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) digunakan sebagai metode pembelajaran IPA pada kelas III di MI Miftahul afkar karangturi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di kelas III MI Miftahul afkar karangturi pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan penyajian non statistik. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan implementasi pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA oleh guru kelas III dalam bentuk data yang tidak menggunakan angka-angka. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III dan siswa kelas III MI Miftahul afkar karngturi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pendapat analisis model Miles dan Huberman yang meliputi analisis sebelum dilapangan dan analisis setelah lapangan yaitu Reduksi Data (data reduction), Penyajian Data (data display) dan Verifikasi (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berkesimpulan bahwa pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) digunakan oleh guru mata pelajaran IPA kelas III di MI Miftahul afkar karangturi untuk mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan kehidupan sehari-hari. Dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada kelas III di MI Miftahul afkar, guru menggunakan materi baru dalam proses pembelajaran dan sesuai dengan tahap-tahap penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) tersebut. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar serta nilai evaluasi pembelajaran di atas nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM). Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), Pembelajaran IPA