PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KETRAMPILAN MENDENGARKAN TEMBANG MACAPAT DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Hanif Hidayaturohmah, 1223305038 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/798/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/798/2/HANIF%20HIDAYATUROHMAN_PENGGUNAAN%20MEDIA%20AUDIO%20VISUAL%20DALAM%20%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20JAWA%20KETRAMPILAN%20%20M.Pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/798/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di MI Diponegoro 03 Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan, merupakan MI yang sudah menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penggunaan media audio visual dalam pelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat di MI Diponegoro 03 Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat di MI Diponegoro 03 Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan, menyajikan data keadaan yang sebenarnya dan menganalisis dampak pembelajaran menggunakan media audio visual, terhadap prestasi belajara peserta didik kelas V pada pembelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Adapun manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penggunaan media audio visual untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran Bahasa Jawa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penggunaan media audio visual. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Jawa yaitu Bapak Sarko, M.Pd.I dan peserta didik kelas V. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dalam pelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual menjadikan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Media audio visual juga mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu. Pembelajaran ini dilaksanakan melalui tiga kegiatan yaitu perencanaan penggunaan media audio visual, pelaksanaan penggunaan media audio visual, dan evaluasi penggunaan media audio visual.