METODE PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS RIMBA III PURWOKERTO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Main Author: | Uswatun Hasanah, 082331168 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/795/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/795/2/USWATUN%20HASANAH_Metode%20Pembelajaran%20Bidang%20Pengembangan%20Moral%20dan%20Nilai-bilai%20Agama%20pada%20Anak%20Usia%20Dini%20di%20TK%20Tunas%20Rimba%20III.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/795/ |
Daftar Isi:
- Metode digunakan dalam serangkaian sistem pembelajaran yang memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilannya. Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya variasi penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran bidang pengembangan moral dan nilai-nilai agama untuk menyampaikan materi pembelajaran bidang pengembangan moral dan nilai-nilai agama pada anak, sehingga anak mampu menguasai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada. Di mana diketahui bahwa tujuan pembelajaran bidang pengembangan moral dan nilai-nilai agama adalah memebentuk anak yang beriman, bertakwa serta berbudi luhur. Tentunya di sini guru harus menguasai dan menggunakan metode-metode yang sesuai dengan materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Metode Pembelajaran Bidang Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini di TK Tunas Rimba III Purwokerto Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu metode pembelajaran bidang pengembangan moral dan nilai-nilai agama di TK Tunas Rimba III Purwokerto Timur, yang meliputi: metode cerita, metode pemberian tugas, metode pembiasaan, dan metode bercakap-cakap, sudah baik karena sudah sesuai dengan teori Novan Ardy Wiyani dan Barnawi serta Moeslichatoen. Kemudian untuk metode bernyanyi, menurut hasil penelitian kurang baik, karena dalam pelaksanaanya masih ada beberapa anak yang masih suka bermain sendiri atau mengabaikan guru. Mereka juga sulit memahami serta menghafal lagu dan nadanya. Menurut penulis, metode bernyanyi akan lebih efektif apabila diiringi alat-alat musik tertentu untuk membantu menghafal nada yang akan diajarkan. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Bidang Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama, TK Tunas Rimba III Purokerto Timur.