PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SEMESTER IMI MA’ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Lili Suryani, Nim.1123310030
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/1/Abstrak.docx
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/3/LILI%20SURYANI_1123310030.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/
ctrlnum 78
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA&#xD; MATERI POKOK SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SEMESTER IMI MA&#x2019;ARIF NU SAWANGAN WETAN&#xD; KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>Lili Suryani, Nim.1123310030</creator><subject>373 Secondary education</subject><description>Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pengetahuan yang diajarkan di SD/MI. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru dan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Pada kenyataan dilapangan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas III MI Maarif NU Sawangan Wetan Kecmatan Patikraja pada materi Sifat Benda dan Perubahannya masih tergolong rendah, hal ini ditunjukan pada nilai-nilai hasil observasi awal peneliti yang masih belum mencapai KKM yaitu 70, sedangkan ketuntasan belajar baru mencapai 27% karena selama ini guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga siswa kurang mampu memahami materi yang diajarkan. Sebagai solusinya, maka dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi melalui penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat Benda dan Perubahannya. Sehingga permasalahan pada penelitian ini adalah &#x201C;Apakah dengan melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada materi Sifat Benda dan Perubahannya di kelas III MI Maarif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016?&#x201D;.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif, dengan teknis analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode dan instrumen penggalian data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.&#xD; Dari hasil penelitian, diketahui bahwa setelah dilakukan PTK, hasil belajar mata pelajaran IPA Materi pokok Sifat Benda dan Perubahannya menggunakan metode Demonstrasi dikelas III semester I mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi pada kondisi awal sebelum diadakan PTK nilai yang tuntas dalah 30%, sedangkan setelah pelaksanaan tindakan siklus I nilai yang tuntas naik menjadi 75% pada tindakan siklus II nilai yang tuntas mencapai 91%.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Hasil Belajar, Sifat Benda dan Perubahannya, Metode Demonstrasi</description><date>2015-12-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/1/Abstrak.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/3/LILI%20SURYANI_1123310030.pdf</identifier><identifier> Lili Suryani, Nim.1123310030 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SEMESTER IMI MA&#x2019;ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>78</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lili Suryani, Nim.1123310030
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SEMESTER IMI MA’ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2015
isbn 9781123310030
topic 373 Secondary education
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/1/Abstrak.docx
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/3/LILI%20SURYANI_1123310030.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/78/
contents Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pengetahuan yang diajarkan di SD/MI. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru dan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Pada kenyataan dilapangan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas III MI Maarif NU Sawangan Wetan Kecmatan Patikraja pada materi Sifat Benda dan Perubahannya masih tergolong rendah, hal ini ditunjukan pada nilai-nilai hasil observasi awal peneliti yang masih belum mencapai KKM yaitu 70, sedangkan ketuntasan belajar baru mencapai 27% karena selama ini guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga siswa kurang mampu memahami materi yang diajarkan. Sebagai solusinya, maka dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi melalui penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat Benda dan Perubahannya. Sehingga permasalahan pada penelitian ini adalah “Apakah dengan melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada materi Sifat Benda dan Perubahannya di kelas III MI Maarif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif, dengan teknis analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode dan instrumen penggalian data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa setelah dilakukan PTK, hasil belajar mata pelajaran IPA Materi pokok Sifat Benda dan Perubahannya menggunakan metode Demonstrasi dikelas III semester I mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi pada kondisi awal sebelum diadakan PTK nilai yang tuntas dalah 30%, sedangkan setelah pelaksanaan tindakan siklus I nilai yang tuntas naik menjadi 75% pada tindakan siklus II nilai yang tuntas mencapai 91%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sifat Benda dan Perubahannya, Metode Demonstrasi
id IOS3655.78
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2016-11-09T04:47:11Z
last_indexed 2020-01-16T04:47:53Z
recordtype dc
_version_ 1763141777818124288
score 17.538404