PENGARUH BANTUAN DAN KEMAMPUAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES
Main Author: | MUHAMMAD HAMIM, NIM. 1323402037 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/764/1/MUHAMMAD%20HAMIM_PENGARUH%20BANTUAN%20DAN%20KEMAMPUAN%20SUPERVISOR%20TERHADAP%20KINERJA%20GURU%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20DI%20KECAMATAN%20PAGUYANGAN%20KABUPATEN%20BREBES.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/764/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/764/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini, pelaksanaan supervisi di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes belum berjalan dengan efektif, indikasinya adalah, pelaksanaan bantuan supervisor yang masih belum jelas karena banyak yang melakukan hanya sekedar memenuhi syarat administrasi atau sekedar melaksanakan tugas tidak diprogramkan secara sistematis, dan kemampuan supervisor yang bervariasi ada supervisor yang benar – benar professional, tetapi tidak sedikit supervisor yang sebenarnya kurang professional terhadap bidang tugas atau pekerjaannya. Oleh karena itu apabila pelaksanaan bantuan supervisor berjalan dengan efektif dan didukung oleh seorang supervisor yang professional maka bisa berpengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bantuan supervisor kepada guru; (2) kemampuan supervisor; (3) pengaruh bantuan supervisor dan kemampuan supervisor secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Metoda penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan populasi penelitian adalah guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Pemilihan sekolah berdasarkan populasi yang ada, sedangkan pemilihan siswa berdasarkan purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data-data yang ada dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana serta regresi berganda. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa bantuan supervisor pada kategori cukup (skor rerata=50,98), kemampuan supervisor berada pada kategori cukup (skor rerata=74,00), dan kinerja guru pada kategori cukup (skor rerata= 72,00). Dari hasil analisis regresi bantuan supervisor diperoleh harga r = 0,655; p = 0,000, dan sumbangan efektif = 0,430, ini berarti bahwa 43,0 % kinerja guru dipengaruhi oleh bantuan supervisor dalam pelaksanaan supervisi dan hasil analisis regresi kemampuan supervisor diperoleh harga r = 0,610; p= 0,000, dan sumbangan efektif = 0,372 ini berarti bahwa 37,2 % kinerja guru dipengaruhi oleh kemampuan supervisor. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa 47,4% kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Paguyangan dipengaruhi oleh bantuan dan kemampuan supervisor. Kata Kunci : Bantuan Supervisor, Kemampuan Supervisor dan Kinerja guru