IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PROGRAM TAHFIŻ AL- QUR’ĀN DI SD IT CITA MULIA AJIBARANG

Main Author: Umi, Karimah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7593/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7593/2/UMI%20KARIMAH_IMPLEMENTASI%20METODE%20WAFA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7593/
Daftar Isi:
  • Menghafal al-Qur’ān merupakan perbuatan yang sangat mulia dan membawakan manfaat dan kebaikan bagi manusia di dunia maupun akhirat. Namun menghafal al-Qur’ān harus memiliki cara atau strategi agar mampu menghafalkannya dengan baik tanpa rasa terbebani. Berkaitan dengan hal tersebut SD Islam Terpadu Cita Mulia Ajibarang memiliki Program Tahfiż al-Qur’ān yakni 6 juz yang meliputi juz 30, 29, 28, 27, 26, dan juz 1 dalam 6 tahun dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6 selama menempuh pendidikan di SD IT Cita Mulia Ajibarang. Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan tentunya diperlukan metode yang tepat dari sekian banyak metode menghafal al-Qur’an. SD IT Cita Mulia Ajibarang memiliki metode khusus dalam pembelajaran al-Qur’an baik Tahfiż al-Qur’ān maupun Tahsin yaitu dengan menggunakan Metode Wafa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Metode Wafa dalam Program Tahfiż al-Qur’ān di SD IT Cita Mulia Ajibarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini digambarkan keadaan yang sebenarnya dalam Implementasi Metode Wafa dalam Program Tahfiż al-Qur’ān di SD IT Cita Mulia Ajibarang. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Metode Wafa dalam Program Tahfiż al-Qur’ān di SD IT Cita Mulia Ajibarang yaitu dalam menghafalnya menggunakan nada Wafa yang disebut dengan nada hijaz dengan target 2 baris per hari dengan beberapa langkah yang disebut 5P yaitu: Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penilaian, dan Penutupan. Kata Kunci: Program Tahfiż al-Qur’ān, Metode Wafa.