IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 3 BANYUMAS SKRIPSI
Main Author: | Prima Aulani Putri, 1617402075 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7563/1/PRIMA%20AULANI%20PUTRI_IMPLEMENTASI%20PENILAIAN%20AUTENTIK%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20AKIDAH%20AKHLAK%20DI%20MTs%20NEGERI%203%20BANYUMAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7563/ |
Daftar Isi:
- Kurikulum adalah salah satu alat dalam mencapai tujuan pendidikan, sekaligus merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Dengan seiring berjalannya waktu, kurikulum pendidikan di indonesia terus berganti dan berkembang, kurikulum pun semakin modern. kurikulum secara modern yaitu semua kegiatan dan pengalaman potensial isi/materi yang telah disusun secara ilmiah, baik yang terjadi di dalam kelas, di halaman sekolah maupun di luar sekolah atas tanggung jawab sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Perkembangan kurikulum dari kurikulum rencana pelajaran tahun 1947 hingga sekarang kurikulum 2013. Kurikulum 2013 ini sendiri merupakan suatu tujuan untuk menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif, melalui suatu penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Dalam kurikulum 2013 mempunyai tujuan yaitu siswa menuntut ilmu tidak hanya sekedar untuk mencari teori dan nilai dari sebuah mata pelajaran, akan tetapi siswa diharapkan dapat menerapkannya atau dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah di peroleh ke dalam kehidupan nyata dalam lingkungan sekolah, masyarakat. Dengan demikian Implementasi Kurikulum 2013 ialah aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukkan kompetensi serta karakter peserta didik. Penilaian dalam kurikulum 2013 ini salah satunya penilaian autentik. Penilaian autentik (authentic assessment) merupakan suatu cara dalam mengumpulkan, menggunakan, dan melaporkan informasi mengenai hasil belajar peserta didik yang cara tersebut dengan mempeerhatikan prinsip-prinsip penilaian, bukti-bukti yang autentik, pelaksanaan yang berkelanjutan, konsisiten, dan akurat untuk akuntabilitas publik Hasil penelitian yang diperoleh, penilain autentik di MTs Negeri 3 Banyumas ini sudah terlaksana dengan baik dan memenuhi standar penilaian kurikulum 2013. Dimana penilaiannya sudah terdapat penilaian dengan aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi.