STRATEGI PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SANTRI BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pendidikan Vokasional di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan-Jawa Timur)

Main Author: Muzaqi Aziz, 1522201022
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7471/1/MUZAQI%20AZIZ_STRATEGI%20PONDOK%20PESANTREN%20DALAM%20MENGEMBANGKAN%20PO.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7471/
Daftar Isi:
  • masih eksis dengan metode salafiyahnya sampai saat ini. Namun untuk mampu mengimbangi keadaan zaman seperti sekarang, santri harus seimbang antara ilmu agama dan ilmu dunia bisnis. Untuk itu, Pondok Tremas berusaha membekali para santri yang telah selesai Aliyah dengan ilmu kewirausahaan melalui lembaga pendidikan vokasional. Tujuan utama lembaga vokasional Pondok Tremas ialah untuk mengembangkan potensi santri berwirusaha. Sejatinya potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian lapangan, dilakukan di Lembaga Pendidikan Vokasional yang berada di Perguruan Islam Pondok Tremas, Kec. Arjosari, Kab. Pacitan - Jawa Timur. Subjek penelitian ini adalah Direktur Program Vokasional, Instruktur, Santri Vokasional. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi yang diterapkan Pondok Tremas dalam meningkatkan potensi santri berwirausaha. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa strategi Pondok Tremas dalam mengembangkan potensi santri berwirausaha melalui lembaga vokasional Pondok Tremas yang memiliki empat program yaitu otomotif, teknologi informasi, tataboga dan kerajinan kriya. Metode yang digunakan untuk mengembangkan potensi wirausaha santri yaitu membangun kepribadian, disiplin diri, kreativitas, dan percaya diri.