PENANGANAN ANAK SPEECH DELAY MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DI KB AL-AZKIA PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | ILHAM NUR RAMLI, 1617406066 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7463/1/Ilham%20Nur%20Ramli_PENANGANAN%20ANAK%20SPEECH%20DELAY%20MENGGUNAKAN%20MET.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7463/ |
Daftar Isi:
- Mengembangkan kemampuan berbahasa anak menjadi hal penting yang harus dilakukan. Salah satunya kemampuan anak untuk berbicara, berbicara merupakan cara yang dilakukan oleh manusia untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Kemampuan berbicara anak harus dilatih dan dikembangkan secara maksimal untuk mempermudah anak dalam belajar dan bersosialisasi. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan berbahasa anak salah satunya yaitu speech delay (keterlambatan bicara) yang disebabkan kurangnya stimulus bahasa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan metode bercerita. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses penggunaan metode bercerita dalam menangani anakspeech delay(keterlambatan bicara). Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian di KB Al-Azkia Purwokerto Utara.Dengan subjek penelitian meliputi, guru, kepala sekolah, dan 4 siswa speech delay KB Al-Azkia Purwokerto.Diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses penelitian ini menggambarkan usaha yang dilakukan oleh pendidik dalam penanganan anak speech delay (keterlambatan bicara) yaitu dengan menggunakan metode bercerita. Kata Kunci: Speech Delay, Metode Bercerita, dan Anak Usia Dini