“PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK IT QUANTUM MULIA KROYA KABUPATEN CILACAP”

Main Author: RisnaAnjarwati, 1522406077
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7460/1/RISNA%20ANJARWATI_PENGEMBANGAN%20KETERAMPILAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7460/
Daftar Isi:
  • Keterampilanmembacaharusdimilikiolehsetiapindividu yang dapat di stimulasisejakusiadini. Untukituperan guru dan orang tuauntukmengembangkanketerampilanmembacasangatdibutuhkan.Pengembanganketeramilanmembacapadaanakusiadiniadalahpengembangankemampuanataukecakapananakdalammembacahurufdansimbol – simbolsebagaisalahsatukemampuandasar, sesuaidengantahapusiadankarakteristikperkembangannya. Setiapanakdenganusia yang samaakanmemilikiperkembanganketerampilanmembaca yang berbedadisebabkanolehfaktorpendukungdanpenghambat yang berbeda. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanstrategipengembanganketerampilanmembacapadaanakusia 5 – 6 tahun di TK IT Quantum MuliaKroyaKabupatenCilacapsesuaidengantahapanperkembangananakmenurutPermendikbud no. 137 tahun 2014 tentangstandarnasionalpendidikananakusiadinimengenaitingkatpencapaianperkembanganbahasaanakusia 5 – 6 tahun, meliputimemahamibahasa, mengungkapkanbahasadankeaksaraan. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Subjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikusia 5 – 6 tahunkhususnyakelas B1, denganberbagai stimulus yang disajikanolehpendidikdan orang tua, berupakegiatanmembacabukuberjilid, mendongeng, sudutbacadansebagainya, gunamenambahpembendaharaan kata danmeningkatkanketerampilanmembacaanak. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikwawancara, teknikobservasidanteknikdokumentasi.Instrumenpenelitian yang digunakanyaitupedomanobservasiperkembanganketerampialanmembacapadabukuprestasianak, pedomanobservasipembelajarandanpedomanobservasiwawancarakepalasekolah, guru danwalimurid.Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisismeliputireduksi data, penyajian data, sertapenarikankesimpulandanverifikasi.Pengujiankeabsahan data dilakukandengantrianggulasiteknikdansumber. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganberbagaistrategi yang dilakukansetiapharigunamengembangkanketerampilanmembacapadaanakusia 5 – 6 tahundenganmetode stimulus responoleh orang tuadan guru sudahcukupbaik.