“PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK IT QUANTUM MULIA KROYA KABUPATEN CILACAP”
Main Author: | RisnaAnjarwati, 1522406077 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7460/1/RISNA%20ANJARWATI_PENGEMBANGAN%20KETERAMPILAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7460/ |
Daftar Isi:
- Keterampilanmembacaharusdimilikiolehsetiapindividu yang dapat di stimulasisejakusiadini. Untukituperan guru dan orang tuauntukmengembangkanketerampilanmembacasangatdibutuhkan.Pengembanganketeramilanmembacapadaanakusiadiniadalahpengembangankemampuanataukecakapananakdalammembacahurufdansimbol – simbolsebagaisalahsatukemampuandasar, sesuaidengantahapusiadankarakteristikperkembangannya. Setiapanakdenganusia yang samaakanmemilikiperkembanganketerampilanmembaca yang berbedadisebabkanolehfaktorpendukungdanpenghambat yang berbeda. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanstrategipengembanganketerampilanmembacapadaanakusia 5 – 6 tahun di TK IT Quantum MuliaKroyaKabupatenCilacapsesuaidengantahapanperkembangananakmenurutPermendikbud no. 137 tahun 2014 tentangstandarnasionalpendidikananakusiadinimengenaitingkatpencapaianperkembanganbahasaanakusia 5 – 6 tahun, meliputimemahamibahasa, mengungkapkanbahasadankeaksaraan. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Subjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikusia 5 – 6 tahunkhususnyakelas B1, denganberbagai stimulus yang disajikanolehpendidikdan orang tua, berupakegiatanmembacabukuberjilid, mendongeng, sudutbacadansebagainya, gunamenambahpembendaharaan kata danmeningkatkanketerampilanmembacaanak. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikwawancara, teknikobservasidanteknikdokumentasi.Instrumenpenelitian yang digunakanyaitupedomanobservasiperkembanganketerampialanmembacapadabukuprestasianak, pedomanobservasipembelajarandanpedomanobservasiwawancarakepalasekolah, guru danwalimurid.Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisismeliputireduksi data, penyajian data, sertapenarikankesimpulandanverifikasi.Pengujiankeabsahan data dilakukandengantrianggulasiteknikdansumber. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganberbagaistrategi yang dilakukansetiapharigunamengembangkanketerampilanmembacapadaanakusia 5 – 6 tahundenganmetode stimulus responoleh orang tuadan guru sudahcukupbaik.