MANAJEMEN KELAS BERBASIS ICT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Fatiha Nur’aini, 1617401059
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7429/1/Fatiha%20Nur%27aini%20_1617401059_MPI-%20LENGKAP%20DENGAN%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7429/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang manajemen kelas berbasis Information and Communication Technology (ICT) yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto, manjemen kelas merupakan proses atau upaya pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru untuk menwujudkan kondisi kelas yang kondusif dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran, dan ICT merupakan teknologi, informasi dan komunikasi, dalam pengelolaan kelas ICT yang digunakan untuk membantu guru mengelola sumber-sumber teknologi sebagai peralatan dan metode. Salah satunya dalam membuat pengelolaan kelas atau penataan kelas, memudahkan guru dalam menyampaikan materi, melakukan komunikasi kepada peserta didik, dengan mengusai teknologi, informasi, dan komunikasi guru akan mudah mengembangkan bahan ajar dengan pemilihan media yang cocok untuk mata pelajaran, seperti mendesain strategi pembelajaran agar mudah dipahami. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana manajemen kelas berbasis ICT di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi dan mendeskripsikan tentang pengelolaan manajemen kelas dengan berbasis ICT. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah manajemen kelas berbasis ICT. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan (conclusion). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi manajemen kelas berbais ICT di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto didasarkan pada perencanaan, penataan ruang kelas dan posisi tempat duduk, strategi guru dalam pembelajaran yang efektif serta pengkondisian peserta didik yang indisipliner (ramai) dalam pembelajaran. Implementasi dengan cara tersebut dapat disesuaikan dengan sarana untuk pengelolaan kelas berbasis ICT seperti pengaturan penataan ruang kelas, posisi tempat duduk, pengaturan ventilasi dan cahaya. Keterlibatan pengelolaan ini memiliki dampak positif bagi peserta didik, terutama pada proses pembelajaran kelas berbasis ICT, baik dari segi pembelajaran maupun pelaksaan pembelajarannya.