IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI MI ISLAMIYAH 01 RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Main Author: Istinganah, 1223305055
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/742/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/742/2/ISTINGANAH_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20QUR%E2%80%99AN%20HADITS%20DI%20MI%20ISLA.PDF
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/742/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran aktif adalah hal yang penting dan perlu diperhatikan, disiapkan dan dilaksanakan oleh guru pada saat proses pembelajaran Qur’an Hadits dilaksanakan. Karena strategi pembelajaran aktif mempunyai pengaruh terhadap hasil dari pembelajaran, apabila strategi pembelajaran aktif tepat digunakan dalam sebuah materi, maka hasil yang diperoleh akan maksimal Penelitian ini bertujuan agara mengetahui bagaimana Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Di MI Islamiyah 01 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penilitian yang bersifat deskritif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Islamiyah 01 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Subjek Penelitian ini adalah kepala Madrasah, guru pengampu mata pelajaran Qur’an Hadits kelas IV A dan kelas IV B, dan siswa kelas IV A dan kelas IV B, sedangkan objek penelitian adalah Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan mentode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan: bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Qur’an Hadits yaitu reading aloud, true or false, index card match, reading guide, card sort dan teks acak. Adapun langkah-langkah yang digunakan strategi tersebut sesuai dengan teori yang ada. Pertimbangan dalam menentukan strategi-strategi tersebut disesuaikan dengan materi. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, dan Mata Pelajaran Qur’an Hadits