STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN GURAMI (Studi Kasus Usaha Budidaya Ikan Gurami“Arifin Ikan” Di Dusun Nusawaru Desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen)

Main Author: Muhammad Najih Arwi, 1522201020
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7418/1/MUHAMMAD%20NAJIH%20ARWI_STRATEGI%20PENGEMBANGAN%20USAHA%20BUDIDAYA%20IKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7418/
Daftar Isi:
  • Usaha budidaya ikan gurami Arifin ikan merupakan usaha yang bergerak dalam bidang perikanan beralamat di dusun Nusawaru, desa Jatijajar, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, pak Arifin sebagai pemilik budidaya ikan gurami sudah lama terjun di dunia perikanan dibuktikan dengan banyaknya ikan yang dibudidaya disini, dan banyak konsumen yang membeli ikan di tempat budidaya ikan gurami Arifin ikan. menghasilkan ikan gurami yang berkualitas dikarenakan pemeliharaan yang baik, Usaha ini sudah dikenal oleh masyarakat di daerah yang ditargetkan, prinsip kerja yang digunakan sesuai dengan prinsip dalam Islam, harga ikan gurami dijual sesuai harga pasar, murah dan terjangkau, disini terdapat kurang lebih 20.000 ekor ikan gurami. Tujuan dari penelitian ini untuk membahas bagaimana strategi pengembangan usaha budidaya ikan gurami Arifin ikan di dusun Nusawaru desa Jatijajar kecamatan Ayah kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu dengan cara penulis terjun langsung kelapangan di Tempat Usaha Budidaya Ikan Gurami Arifin Ikan. Penulis menggunakan teknik analisis data yaitu metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan menggunakan metode triangulasi. Dalam menganilis data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang diperlukan. Hasil penelitian ini adalah budidaya gurami yang dikelola pak Arifin dalam hal pembudidayaan sudah ahli, karena dari proses budidaya, baik mulai dari modal, pembuatan kolam dan penentuan benih, perawatan, penentuan harga jual, terbukti sangat bagus, sehingga menghasilkan kualitas ikan gurami yang bagus, tetapi proses penjualannya mempunyai kekurangan dari segi pemasaran gurami, guna meningkatkan keuntungan penjualan ikan gurami dan mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkanlah strategi-strategi pengembangan usaha yang tepat.