MANAJEMEN STRATEGIK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO
Main Author: | Agus Tardian, 1522605048 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7371/1/Agus%20Tardian.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7371/2/COVER%2CBABI%2CBABII%2CBABIII%2CBABIV%2CBABV%2CPENUTUP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7371/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan bermutu dapat terlaksana apabila sekolah mengimplementasikan manajemen strategik dengan tepat. Beranjak dari asumsi tersebut dan permasalahan lemahnya manajemen sekolah saat ini, penulis tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan manajemen strategik mulai dari perencanaan strategik, implementasi strategik, sampai evaluasi strategik dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, menggunakan tiga alur kegiatan, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam mewujudkan mutu pendidikan, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto telah melakukan perencanaan secara terpadu, sistematis dan komprehesif melalui tahapan berikut: a) Analisis lingkungan internal terhadap sumber daya yang dimiliki sekolah baik manusia ,material maupun teknologi. b) lingkungan eksternal terhadap lingkungan sekolah baik geografis, sosiokultural maupun ekonomi. c) pemilihan strategi secara tepat. d) Pengawasan dan evalusi secara menyeluruh. (2) dalam menerapkan program-program peningkatan mutu pendidikan pimpinan Al Irsyad mengambil kebijakan berupa: a) melakukan perbaikan proses secara berkesinambungan. b) menetapkan jaminan mutu dan standar mutu peningkatan mutu sekolah. c) menciptakan kultur atau budaya sekolah. d) melakukan perubahan organisasi. e) mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan. (3) untuk memastikan bahwa program mutu pendikan telah tercapai maka dilakukan pula evaluasi berupa: a) memonitor seluruh hasil kegiatan dari perencanaan dan pelaksanaan manajemen strategic. b) mengukur kinerja individu dan sekolah. c) laporan pelaksanaan seluruh kegiatan serta, d) mengambil langkah perbaikan. Kata