TINGKAT KEPUASAN JAMAAH UMRAH TERHADAP PELAYANAN DI AL-MA’WA NU TOUR & TRAVEL CILACAP
Daftar Isi:
- Haji sebagaisalahsatuibadahdalamislammenjadirukunislamke 5 hukumnyawajibsekaliseumurhidup, bagi orang islam yang telahmemenuhisyarat. Kegiatanibadah haji danumrahmempunyaiduasisi yang harusdiperhatikandalampelaksanaannya, yaitustandarpelaksanaansaatmasih di Tanah air dan di Mekkah.Padastandarpelayanan di Tanah air banyakaspekpenting yang harusdiperhatikanseperti: pelayananjasa, bimbinganmanasik, danpenyediaanperlengkapansedangkanstandarpelayanan di Tanah suciadalahpelayananakomodasi, transportasi, konsumsi, kesehatan, sertabimbinganibadah haji danumrah. Apabilastandarpelayananbenar-benardilaksanakandenganbaik, makaakanmenghasilkankepuasanpelanggan. Kepuasanadalahbentukperasaansenangataukecewaseseorangsebagaihasildariperbandinganantaraprestasiatauproduk yang dirasakandan yang diharapkan.Semakinbanyaknya travel biro haji danumrahmenimbulkanpersainganantara biro satudengan yang lainnya, sehinggamembuatparajamaahharuspandaidalammemilah biro haji danumrah yang benar-benarmemberikanpelayanankepadajamaahsehinggajamaahmerasapuasdenganadanyapelayanantersebut. Berdasarkanlatarbelakangmasalah di atas, Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuitingkatkepuasanjamaahumrahterhadappelayanan di Al-Ma’wa NU Tour & Travel Cilacap. Penelitianinimenggunakanmetode survey sertapendekatankuantitatif.PenelitianinidilakukandaribulanFebruari-Maret 2020 di Al-Ma’wa NU Tour & Travel Cilacap.Metodepengumpulandatanyaadalahdenganmelakukanwawancarasertapembagiankuisionerkepada 45 jamaah. Hasildaripenelitianinimenunjukankepuasanjamaahpadaaspek tangible sebesar 88,93%, aspekreabilitysebesar 79,44%, aspek responsiveness sebesar 89%, aspek empathy sebesar 90,73% dan yang terakhiruntuktingkatkepuasanjamaahpadaaspek assurance sebesar 88,84%. Makadapatditarikkesimpulanbahwajamaahumrahmerasasangatpuasdenganpelayanan yang diberikanoleh Al-Ma’wa NU Tour & Travel Cilacap.