ANALISIS PENGARUH DIMENSI BRAND COMMUNITY TERHADAP LOYALITAS MEREK SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Kasus Pada Komunitas Yamaha Byson Purwokerto)

Main Author: SUSI SETYANINGRUM, NIM. 1223203080
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/725/1/SKRIPSI%20%20SUSI%20SETYANINGRUM%20%28ANALISIS%20PENGARUH%20DIMENSI%20BRAND%20COMMUNITY%20TERHADAP%20LOYALITAS%20MEREK%20SEPEDA%20MOTOR%20YAMAHA%29.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/725/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/725/
Daftar Isi:
  • Di era pasarbebassiapasajabisamenjadipesaingbagikitakarenatidakadabatasanpasarlagi.Keadaantersebutterlihatpadaketatnyapersainganindustriotomotif di Indonesia yang memicuparaprodusensepeda motor berlomba- lombauntukmemasarkankeunggulandarimasing- masingproduknya. Untukbertahan lama dalamkondisipasar yang semakinkompetitif, perusahaanmemerlukankonsumen yang loyalitasnyatinggi.Permasalahandalampenelitianiniadalahadakahpengaruhmerayakansejarahmerek, berbagiceritamerek, integrasidanmempertahankananggotadanmembantudalampenggunaanmerekterhadaployalitasmerekpadaKomunitas Yamaha BysonPurwokertosecraparsialmaupunsimultan. PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhanggotaKomunitas Yamaha BysonPurwokerto, denganmenggunakantekniksensusyaitusemuaanggotapopulasidijadikansampelsebanyak 46 ressponden.Metodepengumpulan data yang digunakanadalahkuisionerdandokumentasi.Metodeanalisis yang digunakanadalahuji instrument (ujivaliditasdanreliabilitas), ujiregresi linier berganda, koefisiendeterminasi, uji F, danuji t menggunakanSPSS 16 for windows. Hasilpenelitiandiperolehpersamaanregresi linier bergandaY = 2,969 + 0,221X_1 + 1,373X_2 - 0,349X_3 - 0,191X_4. Hasil koefisien determinasi 0,696 artinyavariabelmerayakansejarahmerek, berbagiceritamerek, integrasidanmempertahanakananggota, membantudalampenggunaanmerek, berpengaruhdenganloyalitasmerekdengankontribusi 69,6% sertasisanyasebesar 30,4% dipengaruhivariabel lain diluarpenelitian. Kesimpulandaripenelitianiniadalahterdapatpengaruhsecaraparsialdansimultanterhadapvariabelmerayakansejarahmerek, berbagiceritamerek, integrasidanmempertahankananggota, membantudalampenggunaanmerekterhadaployalitasmerekpadaKomunitas Yamaha BysonPurwokerto.Saran kepadapihakperusahaanharuslebihmemperhatikankomunitas Yamaha yang selamainididirikanolehkonsumensehinggadapatmeningkatkanloyalitaskonsumenterhadapproduktersebut. Kata Kunci: Brand Community, LoyalitasMerek.