PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI NEGERI PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA

Main Author: IDA ROZALINA, NIM. 1223305043
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/716/1/IDA%20ROZALINA_PENGARUH%20MOTIVASI%20BELAJAR%20DALAM%20KELUARGA%20%20TERHADAP%20PRESTASI%20BELAJAR%20SISWA%20%20%20DI%20MI%20NE.PDF
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/716/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/716/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangidarikesadaranbahwakegiatanmendidikdanmemotivasiseoranganakuntukbelajarpadadasarnyaadalahtugasutamadaripada orangtua.Dalamkegiatanmemotivasi, orangtuadalamsebuahkeluargapentinguntukmemperhatikantidakhanyapemenuhankebutuhansecarabiologisatausecarafisiksaja, tetapijugasecarapsikologis, dengantujuan agar anaklebihberprestasidalambelajarnya. Permasalahan yang diangkatdalampenelitianiniadalahadakahpengaruhmotivasibelajardalamkeluargatehadapprestasibelajarsiswa di MI NegeriPurbasariKecamatanKarangjambuKabupatenPurbalingga.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiada tidaknyapengaruhmotivasibelajardalamkeluargaterhadapprestasibelajar seorang siswa di sekolah danseberapabesarpengaruhtersebut. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganpendekatankuantitatif, untukmenelitipadapopulasiatausampeltertentu.Obyekpenelitiannyasendiriadalahmotivasibelajar yang terjadididalamkeluargadarisiswa di MI NegeriPurbasari.Sampelpenelitianiniadalah 50 unit keluargadarisiswakelas V dan VI.Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanobservasi, angket, wawancaradandokumentasi.Sedangteknikanalisis data adalahdenganmenggunakananalisisregresi. Berdasarkanpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MI Negeri Purbasari Kecamatan Karangjambu kabupaten Purbalingga. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai R Square yang diperoleh yaitu 0,139. Artinya, pengaruh variabel X (motivasi belajar dalam keluarga) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa) adalah sebesar 13,9 %. Daripersamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y = 48,141 + 0,425 X yang mengandung pengertian bahwa, jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X atau X = 0, maka nilai variabel Y adalah 48,141. Koefisienregresisebesar 0,425 menyatakanbahwasetiappenambahan (karenatanda +) satunilaipadavariabelX (motivasi belajar dalam keluarga) akanmemberikankenaikanpadavariabel Y (prestasi belajar siswa) sebesar 0,425. Kata Kunci :MotivasiBelajardalamKeluarga, PrestasiBelajar, Madrasah Ibtidaiyah (MI)