PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI NEGERI PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | IDA ROZALINA, NIM. 1223305043 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/716/1/IDA%20ROZALINA_PENGARUH%20MOTIVASI%20BELAJAR%20DALAM%20KELUARGA%20%20TERHADAP%20PRESTASI%20BELAJAR%20SISWA%20%20%20DI%20MI%20NE.PDF http://repository.iainpurwokerto.ac.id/716/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/716/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangidarikesadaranbahwakegiatanmendidikdanmemotivasiseoranganakuntukbelajarpadadasarnyaadalahtugasutamadaripada orangtua.Dalamkegiatanmemotivasi, orangtuadalamsebuahkeluargapentinguntukmemperhatikantidakhanyapemenuhankebutuhansecarabiologisatausecarafisiksaja, tetapijugasecarapsikologis, dengantujuan agar anaklebihberprestasidalambelajarnya. Permasalahan yang diangkatdalampenelitianiniadalahadakahpengaruhmotivasibelajardalamkeluargatehadapprestasibelajarsiswa di MI NegeriPurbasariKecamatanKarangjambuKabupatenPurbalingga.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiada tidaknyapengaruhmotivasibelajardalamkeluargaterhadapprestasibelajar seorang siswa di sekolah danseberapabesarpengaruhtersebut. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganpendekatankuantitatif, untukmenelitipadapopulasiatausampeltertentu.Obyekpenelitiannyasendiriadalahmotivasibelajar yang terjadididalamkeluargadarisiswa di MI NegeriPurbasari.Sampelpenelitianiniadalah 50 unit keluargadarisiswakelas V dan VI.Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanobservasi, angket, wawancaradandokumentasi.Sedangteknikanalisis data adalahdenganmenggunakananalisisregresi. Berdasarkanpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MI Negeri Purbasari Kecamatan Karangjambu kabupaten Purbalingga. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai R Square yang diperoleh yaitu 0,139. Artinya, pengaruh variabel X (motivasi belajar dalam keluarga) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa) adalah sebesar 13,9 %. Daripersamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y = 48,141 + 0,425 X yang mengandung pengertian bahwa, jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X atau X = 0, maka nilai variabel Y adalah 48,141. Koefisienregresisebesar 0,425 menyatakanbahwasetiappenambahan (karenatanda +) satunilaipadavariabelX (motivasi belajar dalam keluarga) akanmemberikankenaikanpadavariabel Y (prestasi belajar siswa) sebesar 0,425. Kata Kunci :MotivasiBelajardalamKeluarga, PrestasiBelajar, Madrasah Ibtidaiyah (MI)