PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PROGRAM LATIHAN DASAR DISIPLIN KORPS TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 2 CILACAP

Main Author: Navisatun Ni’mah, 1423303020
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7159/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7159/2/NAVISATUN%20NIMAH_PERAN%20KEPEMIMPINANs%20KEPALA%20SEKOLAH%20DAN%20PROGRAM%20LATIHAN%20DASAR%20DISIPLIN%20KORPS%20TERHA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7159/
Daftar Isi:
  • Kepemimpinan Kepala Sekolah adalah cara atau usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi, dan menggerakkan guru, siswa, orang tua, dan pihak lain untuk berperan serta guna mencapai tujuan yang ditetapkan. Untuk mewujudkan hal tersebut, kepala sekolah harus dapat memahami kompetensi kemampuan yang dimiliki oleh setiap guru sebagai aspek pendukung seluruh programnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kepala SMK Negeri 2 Cilacap dan peran program latihan dasar disiplin korps terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Cilacap. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis melakukan penelitian dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun objek penelitian penulis adalah kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan siswa dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, penanggungjawab program latihan dasar disiplin korps, guru mata pelajaran dan siswa. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut dari kegiatan Latihan Dasar Disiplin Korps di SMK Negeri 2 Cilacap peran Kepala sekolah menyerahkan seluruh kegiatan kepada Panitia yang telah dibentuk dan tetap mengetahui serangkaian acara yang berlangsung. Kemudian tanggungjawab diserahkan kepada Waka Kesiswaan dan seluruh kegiatan dilaksanakan oleh LANAL-Cilacap sesuai dengan keinginan dari panitia yang disetujui oleh Kepala Sekolah. Berdasarkan program LDDK yang selama ini berlangsung terdapat perubahan sikap dari siswa dalam hal disiplin, hal tersebut sesuai dengan peran Kepala Sekolah dalam mengambil keputusan mengenai pengadaan program LDDK. Kata Kunci : Kepala Sekolah, Program LDDK